easy money from internet

Senin, 16 Februari 2009

Pengelolaan Lingkungan Perkotaan

Pengelolaan Lingkungan Perkotaan

iklan1Lingkungan perkotaan sudah menjadi hal yang penting dan mendesak untuk dikelola secara lebih baik karena pada saat ini hampir 50% populasi terkonsentrsi di wilayah perkotaan, dan diperkirakan akan meningkat menjadi 60% pada tahun 2030. Kondisi itu akan menimbulkan dampak besar terhadap tidak hanya pada aspek sosial dan ekonomi, namun tentu saja terhadap lingkungan juga. Dengan begitu besarnya jumlah penduduk perkotaan, maka jumlah limbah yang mencemari lingkungan pasti semakin besar.

Sementara itu, dengan dibangunnya permukiman dan kawasan bisnis baru berakibat langsung terhadap semakin sempitnya ruang terbuka hijau di kawasan perkotaan. Oleh karena itu, tantangan untuk menjadikan kawasan perkotaan sebagai tempat yang nyaman untuk tinggal (fit to live in) dan mewujudkan kota yang bersih dan hijau (clean and green cities) merupakan isu global yang harus sama-sama kita pikirkan solusinya kedepan, baik oleh Pemerintah maupun Pemerintah Daerah.

Permasalahan dalam Pengelolaan Lingkungan Perkotaan

Permasalahan yang terjadi di wilayah perkotaan tersebut diatas memberikan ilustrasi akibat perkembangan dan pertumbuhan perkotaan di Indonesia yang secara langsung terkait kepada pengelolaan lingkungan perkotaan, sehingga diperlukan penanganan yang serius dari Pemerintah, khususnya Pemerintah Kabupaten/Kota sebagai pelaksana kegiatan di Daerah. Gambaran berikut adalah beberapa isu global dalam pengelolaan lingkungan perkotaan yang harus mendapat perhatian oleh Pemerintah.

Aspek fisik lingkungan perkotaan, yang meliputi:

  1. Pengelolaan sampahLingkungan Kota
  2. Pengelolaan air bersih dan air limbah
  3. Pencemaran Udara
  4. Pengelolaan Ruang Terbuka Hijau (RTH)

Aspek non-fisik lingkungan, meliputi:

  1. Manajemen dan kelembagaan
  2. Penegakan hukum dan peraturan

Program Pemerintah dalam Pengelolaan Lingkungan Perkotaan

Beberapa program dan kebijakan Pemerintah untuk meningkatkan kualitas lingkungan fisik dan sosial secara terus menerus dengan memberdayakan masyarakat perkotaan melalui peningkatan kapasitas dan manajemen Pemerintah Daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat, yang diharapkan dapat menciptakan lingkungan yang sehat dan nyaman. Program-program tersebut diantaranya adalah:

1 komentar: